Selasa, 13 September 2011

Variasi Model Halal Bi Halal di Abad Modern


Bahal Bi Halal UNIMUS
Pada hari raya idul fitri kali ini saya telah mengikuti acara halal bi halal dibeberapa tempat dengan model yang jauh berbeda natara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi sebelumnya memang saya sudah melakukan acara halal bi halal di keluarga saya sendiri dan keluarga besar antara orang tua saya dan mertua saya yang saya lakukan beserta istri dan anak-anak saya. Kegiatan ini memakan waktu yang cukup lama karena dibutuhkan perjalanan yang cukup jauh juga untuk menuju tempat orang tua saya terlebih mertua saya. Selain itu biasanya kalau sudah berkumpul dengan keluarga susah sekali untuk minta ijin pulang karena anak-anak yang masih kangen dengan keluarga tersebut.

Bentuk atau model halal bihalal lain yang yaitu halal bi halal di tempat kerja saya sendiri yaitu di Universitas Muhammadyah Semarang (UNIMUS). Halal bi halal yang dilakukan oleh UNIMUS dilakukan di Gedung Rusunawa UNIMUS (Pondok Pesantren Putri KH Sahlan Rosjidi) yang berada di belakang Gedung Rektorat UNIMUS pada hari Selasa, 6 September 2011 yang dimulai sekitar jam 09.00 WIB. Pada acara tersebut dilakukan seperti pada umumnya halal bi halal yaitu dengan mendatangkan ustad Dr. H. Yusuf Suyono, M.A. sebagai pencerahan. Setelah itu baru dilakukan ma’af-mema’afkan diantara semua hadirin.

Seperti tampak pada gambar bahwa pelaksanaan halal bi halal di UNIMUS tahun 2011 silakukan secara lesehan dengan maksud semua hadirin dianggap memiliki derajat yang sama, tidak membedakan antara pimpinan dengan anak buah.
Halal Bi Halal SMK Yatpi Godong
Selain ditempat kerja saya juga mendapat undangan halal bi halal di tempat kerja dahulu yaitu di SMK Yatpi Godong. Sebenarnya belum genap satu tahun saya tidak mengajar SMK Yatpi Godong dengan alasan sempitnya membagi waktu dengan SMK Yatpi Godong karena sekarang ini semakin padat kegiatan saya di UNIMUS. Inilah yang menjadi keutamaan SMK Yatpi Godong dalam hal kekeluargaan, meskipun sudah tidak bekerja di SMK Yatpi Godong masih dianggap sebagai anggota keluarga besar SMK Yatpi Godong.
Dalam acara halal bi halal di SMK Yatpi Godong pada tahun ini dilakukan secara sederhana. Tidak mengundang ustad dari luar karena sudah banyak ustad dari naggota sendiri. Waktu itu yang diamanati menjadi pengisi dalam acara halal bi halal adalah Ustad Salam.

Disela-sela acara halal bi halal tersebut, oleh Kepala Sekolah SMK Yatpi Godong, Bapak Maskuri, ST sempat memberikan support pada semua guru dan karyawan SMK Yatpi Godong yang mengarahkan pada semua guru dan karyawannya supaya dapat menjadikan SMK Yatpi memiliki karakter. Tentunya karakter yang dimaksud adalah karakter yang baik bagi anak didiknya.

Halal Bi Halal SMP 2 Penawangan Grobogan
Model halal bi halal yang lain yaitu ketika saya mengikuti acara halal bi halal di tempat istri bekerja (SMP Negeri 2 Penawangan) yaitu  dengan mengadakan acara tersebut di WBL (Wahana Bahari Lamongan). Dalam perjalanan dari Grobogan ke Lamongan sudah melelahkan karena jarak yang cukup jauh. Setelah sampai tujuan sebelum bergembira ria menuju tempat lokasi wisata oleh kepala sekolahnya juga mengingatkan pada semua guru dan karyawan berserta keluarga untuk saling me’mafkan yang diakhiri dengan salam-salaman.

 Bentuk atau model halal bi halal memang tidak dapat di bakukan apalagi pada zaman yang semakin maju seperti ini. hal yang penting adalahfilosofi dari arti halal bi halal supaya jangan sampai ditinggalkan yaitu untuk saling mema'afkan antara sesama.

2 komentar:

  1. saya belum terlibat di acara halal bi lalal tahun ini, belum ada yang ngundang.

    BalasHapus
  2. Kalo halal bi halal versi anak muda itu sekedar kumpul bareng sambil ngobrol asik aja..
    Gimanapun modelnya, yang penting halal bi halal bener-bener digunain untuk nyambung tali silaturahmi. :)

    BalasHapus