Selasa, 25 Oktober 2011

Jadikan SiAmus sebagai Kemudahan dan Bukan Beban


SiAmus atau Sistem Informasi Akademik UNIMUS (Universitas Muhammadyah Semarang) dirancang sedemikian rupa dengan tujuan kemudahan dalam mengakses maupun mengentri data yang berkaitan dengan semua kegiatan Akademik di lingkungan UniversitasMuhammadyah Semarang (UNIMUS). Sehingga dengan berdirinya SiAmus ini menjadikan suasana Akademik UNIMUS menjadi efektif dan efisien baik dalam akses maupun entry data.
SiAmus memang dirancang sebagai media menghemat tenaga dalam pengelolaan Akademik yang biasanya dilakukan oleh seorang administrasi di Program Studi maupun Fakultas pada sebuah Universitas. Akan tetapi dengan berdirinya SiAmus (Sistem Informasi Akademik UNIMUS) ini akan mengubah pola yang sudah ada yaitu dengan melibatkan semua stakeholder yang terlibat seperti Mahasiswa, Dosen, Ketua Program Studi dan Administrasi sendiri. Jadi secara sepintas dengan adanya SiAmus (Sistem Informasi Akademik UNIMUS) beban tenaga Admin (Administrasi) Program Studi menjadi kebih ringan. Selain dari pada itu dengan adanya SiAmus (Sistem Informasi Akademik UNIMUS) ini dapat menunjukkan kondisi yang sesungguhnya dari realita dalam Kegiatan Belajar Mengajar  (KBM) di lingkungan kampus itu sendiri.

Tapi mungkin banyak kendala apabila dalam sebuah kampus baru mengaplikasikan system akademiknya dengan cara online. Beberapa kendala itu adalah pembuatan program yang belum komplek sehingga masih banyak keinginan-keinginan yang belum terkafer, jaringan internet yang lemah, semua stakeholder belum terbiasa menentry data secara online, kesibukan aktivitas pekerjaan, dll.. Untuk kedepan saya yakin bahwa dengan SiAmus (Sistem Informasi Akademik UNIMUS) yang diaplikasikan pada system akademik di UNIMUS akan meningkatkan keefektifan dalam pengelolaan akademik sehingga akan menjadikan UNIMUS sebagai salah satu perguruan tinggi dengan pengelolaan akademik yan tertata.
Apabila saat ini banyak yang mengeluh dengan adanya SiAmus(Sistem Informasi Akademik UNIMUS), saya piker itu hal yang biasa karena biasanya system yang baru sulit untuk kita beradaptasi. Tapi sabarlah bagi semua stakeholder yang merasa dengan adanya SiAmus menjadi ada tambahan beban pada dirinya. Yakinkan pada diri kita bahwa dengan system yang baru itu (SiAmus / Sistem Informasi Akademik UNIMUS) seiring dengan waktu akan menjadikan kenyamanan kita dalam pengelolaan di sebuah perguruan tinggi.
Semoga saja dengan suksesnya SiAmus (Sistem Informasi Akademik UNIMUS) dalam pengelolaan akademik di UNIMUS dapat menjadikan penigkat rangking yang lebih tinggi sebagai Universitas dalam 46 Penjaminan Mutu Terbaik dan Universitas Kelas Dunia. Sehingga UNIMUS dapat benar-benar memberikan pelayanan pada semua stakeholder yang terkait dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebaik-baiknya. Dan akhirnya apa yang menjadi cita-cita bangsa dalam mencerdaskan bangsa kita sendiri dapat terwujud.
Sebagai kemudahan akses SiAmus sudah ada buku panduannya kok, bagi yang menginginkan Panduan Operasional SiAmus untuk Mahasiswa dapat di donwnload disini.  Sedangkan Panduan Operasional SiAmus untuk Dosen dapat di download disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar